Mau Jual Motor Stepper Bekas? Simak Kharakteristiknya Dulu!

Jul 22, 2018  

Jika Anda ingin mencoba jual motor stepper bekas, maka penting untuk Anda memahami tentang kharakteristiknya terleibh dahulu. Dimana motor stepper itu sendiri adalah sebuah perangkat pengendali yang bisa mengkonversi terhadap masukan bit menjadi posisi dalam rotor. Bit itu berasal dari terminal yang telah diinputkan pada bagian motor stepper yang kemudian menjadi sebuah kutub magnet di dalam motor. Jika ternyata ada salah satu terminalnya mendapatkan sumber tegangan, maka terminal itu nanti akan secara langsung mengaktifkan kutub yang terdapat dalam magnet menjadi kutub utara. Sedangkan, untuk dibagian yang tidak diberikan tegangan akan berperan menjadi kutub selatan.

Dengan adanya 2 buah kutub dalam motor ini, maka rotor yang terdapat dalam motor yang punya kutub magnet permanen secara otomatis akan mengarah pada kutub inputnya. Kutub utara rotornya mengarah secara otomatis pada kutub selatan stator. Sementara untuk kutub selatan rotornya akan secara otomatis mengarah pada kutub utara stator. Selanjutnya, berbicara tentang kharakteristik dari motor stepper itu sendiri terbagi atas banyak varian, berdasarkan seperti yang dijual pada toko yang jual motor stepper. Yaitu, pertama dari segi tegangannya. Setiap motor stepper itu pada dasarnya punya tegangan yang rata-ratanya sudah tertulis ke dalam setiap unitnya. Dimana secara keseluruhan telah tercantum juga pada bagian data sheet pada setiap motor steppernya.


Dalam hal ini, tegangan rata-ratanya harus benar-benar lebih diperhatikan dengan baik. Karena bila sampai melebihi terhadap tegangan rata-ratanya, maka hal ini bisa menyebabkan terjadinya panas. Sehingga, kinerja dari perputarannya menjadi tidak maksimal. Atau bila dibiarkan begitu saja, hal ini bisa membuat motor stepper menjadi rusak sendiri. Kemudian, berlanjut di bagian resistensinya. Untuk resistensi di setiap lilitannya merupakan kharakteristik lain dari sebuah motor stepper.  Resistensi ini nanti bisa menentukan arus yang sedang mengalir. Di samping itu bisa mempengaruhi terhadap kecepatan maksimal dan torsinya. Sementara itu, dibagian besaran dari derajat putaran untuk setiap stepnya adalah merupakan parameter yang paling penting dalam memilih motor stepper. Karena dapat menentukan ukuran dari langkah pergerakan paling kecil atau bisa menentukan resolusinya.