Masalah Insomnia Karena PengaruhKopi

Mar 25, 2018  

Insomnia adalah sebuah gangguan tidur yang dimana kondisi dari seseorang sangat sulit sekali untuk bisa tidur ketika waktu malam hari tidak dapat tidur lagi sesudah terbangun. Beberapa gejala insomnia yaitu kesulitan tidur, suasana hati mudah sekali berubah, sulit konsentrasi saat siang hari, sering terbangun ketika malam atau dinihari, mudah cepat kelelahan. Kebanyakan penyebab umum susah tidur seperti merokok, minum kopi, atau efek samping dari obat. Kita akan membahas sedikit tentang kopi, yang ternyata juga masuk dalam penyebab susah tidur. Sebelumnya tetap simak terus mengkudu.id agar selalu mendapatkan banyak info terkait dunia kesehatan, kecantikan dan lainnya.

Hampir semua orang pasti sudah mencoba minum kopi, karena rasa dan aroma yang diberikan membuat minuman ini digemari banyak orang. Selain itu manfaat yang diberikan seperti miningkatkan konsentrasi, menghangatkan tubuh, mengurangi resiko diabetes, dan mengusir stres. Tetapi karena kandungan zat kafein yang ada didalamnya membuat denyut jantung setiap penikmatnya menjadi tetap terjaga. Oleh karena itu orang yang kebanyakan minum kopi akan keluar efek susah tidur atau insomnia.

Ada beberapa tips cara mengatasi insomnia karena kopi:

1.      Minum air putih

Salah satu cara yang aman dan mudah untuk dilakukan guna menghilangkan efek kopi ketika malam hari adalah dengan minum 2 gelas air putih untuk menetralkan kafein di dalam tubuh. Mengalami dehidrasi merupakan efek yang diberikan kafein juga, oleh karena itu memberikan cairan dapat membuat kondisi tubuh normal kembali.

2.      Makan pisang

Mengkonsumsi pisang menjadi cara lain yang aman juga untuk dilakukan. Mengingat jika buah pisang mempunyai manfaat yang banyak. Kandungan di dalamnya potasium dan zat kalsium menjadi pengatur kadar gula pada darah.

3.      Berolahraga ringan

Mengatasi dengan olahraga ternyata bisa mengurangi kelebihan kafein pada tubuh sesudah mengonsumsi kopi terlalu banyak. Olahraga tingan yang dimaksud tersebut adalah berjalan, yoga, peregangan, atau latihan kardio.


Masih banyak lagi cara lainnya seperti melakukan aktivitas guna merilekskan diri, makan camilan sehat, minum teh herbal, dan sebagainya.