Cek Resi JNE Elektrik Melalui Website Resmi

Feb 04, 2018  

Cek resi JNE Elektrik bisa dilakukan di website resmi jasa ekspedisi pengiriman JNE. Resi sendiri seringkali diartikan sebagai bukti pengiriman. Namun menurut KBBI, resi ialah tanda terima secara tertulis. Apapun yang berupa tanda terima tertulis akan disebut sebagai resi, termasuk di antaranya adalah resi kiriman. Sebagai contoh adalah saat kita membuat Kartu Tanda Penduduk. Setelah proses pemotretan KTP, maka kita akan diberikan tanda terima guna mengambil KTP saat sudah jadi nantinya. Tanda terima ini pun disebut sebagai resi. Namun kini, resi lebih dikenal sebagai resi kiriman. Apalagi dengan semakin maraknya jual beli online, istilah resi lebih diidentikkan sebagai bukti pengiriman barang dari penjual ke pembeli.

 

Penting untuk diperhatikan bahwa saat kita melakukan transkasi belanja produk, mintalah bukti pengiriman pada penjual. Hal ini menandakan barang tersebut telah dikirim. Nomor resi nantinya akan dapat digunakan untuk melacak posisi atau status barang yang telah dibeli. Kita bisa tahu apakah barang sudah dikirim, tengah dalam perjalanan, masih transit di kantor JNE pusat, atau sedang dalam perjalanan ke rumah pembeli. Jika membeli barang melalui marketplace, nomor resi umumnya akan dimasukkan ke dalam sistem sehingga kita bisa langsung melakukan pengecekan tanpa menanyakan nomor resi lagi pada penjual. Ini karena marketpalce tersebut telah terintegrasi dengan jasa ekspedisi pengiriman terkait.

 

Pengecekan nomor resi sendiri tidak hanya melalui website resmi jasa ekspedisi pengiriman. Kita juga bisa memanfaatkan http://www.resi.co.id/ untuk melacak resi. Langkah-langkahnya kurang lebih sama seperti pelacakan resi melalui website JNE. Masukkan nomor resi pada kolom yang tersedia dan klik Search. Hasil akan langsung keluar dan menunjukkan posisi atau status barang yang dikirimkan. Pastikan nomor resi yang dimasukkan untuk dilacak sudah benar agar hasilnya keluar. Seringkali terjadi nomor resi tidak bisa terlacak, yang bisa berarti bahwa kita salah memasukkan nomor resi ke dalam sistem. Jika nomor tak dapat terlacak, tunggu beberapa saat dan lakukan pengecekan ulang. Masalah pada server JNE juga dapat menyebabkan masalah ini.